Senin, 07 Maret 2016

Curriculum Vitae Ampuh

Tidak bisa dipungkiri salah satu keberhasilan mendapatkan undangan test dari perusahaan adalah karena CV (Curiculum Vitae). Atau biasa disebut daftar riwayat hidup. CV yang menarik akan dilihat dan lebih diperhatikan oleh tim rekrutmen perusahaan. CV calon engineer tidak perlu sekreatif orang desain, tidak bertele-tele sampai memakan berlembar-lembar halaman. CV calon engineer cukup yang sederhana, jelas, dan informatif, dua halaman cukup. Jika memungkinkan satu halaman lebih baik.

Setelah data pribadi, berikan informasi tentang skill dan pengalaman kerja. Karena hal tersebut yang paling dilihat oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhannya atau tidak. Institusi tidak begitu penting, terlebih lagi jika bukan lulusan institusi berlogo gajah duduk. Jika fresh graduate, cantumkan saja pengalaman kerja praktik di mana, sebagai apa, tugas dan tanggung jawabnya bagaimana.

Contoh CV di bawah ini sering dilihat dan mendapatkan undangan test beberapa kali dari perusahaan. Hehe. Apalagi di zaman serba digital ini, mengirim lamaran kerja melalui email, atau menyimpan CV pada web jobseeker, bisa langsung apply ke setiap lowongan kerja perusahaan. Tipsnya, simpan dalam smartphone anda yaitu CV, hasil scan ijazah, transkrip nilai, foto, ktp, atau berkas-berkas lainnya. Tujuannya adalah agar ketika mendapatkan informasi dari media social atau hasil googling tentang rekrutmen perusahaan yang berkasnya dikirim melalui email, anda dapat langsung mengirimnya segera mungkin menggunakan smartphone dengan melampirkan berkas sesuai ketentuan, tidak menundanya menunggu laptop anda terkoneksi internet yang biasanya terlupakan.

0 komentar:

Posting Komentar