Rabu, 24 Februari 2016

Blog T.E.U.A.S

Sebenernya ide untuk membuat blog muncul saat saudara Febi Febriansyah terpilih menjadi CEO Teknik Elektro tahun 2013. Blog ini diisi data alumni yang pada waktu itu sedang dalam proses pendataan agar mempermudah pelacakan alumni nantinya. Saat itu juga dibuatkan blog teknikelektroupi.blogspot.com dengan menggunakan email yang sama namanya teknikelektroupi@gmail.com. Namun blog tersebut belum sempat mengudara, tak sempat diisi dengan data-data alumni, konten-konten menarik dan informatif. Blog tersebut masih kosong, tanpa publikasi. Hingga periode CEO Febi berakhir blognya tidak aktif.

Beberapa waktu kemarin (19/02/16) ketika Febi ke Bandung dan sengaja menyempatkan ngopdud bareng 2011 di ‘garasi kehidupan’ (Rumah Pak Dadang), ngobrol tentang berbagai hal. Pengalamannya bekerja, tentang teman-teman 2011 yang masih berjuang, yang masih bermasalah kuliah, tentang TEUAS yang belakangan ini kurang terkontrol, kurang ngopi, kurang ngobrol. Sebenernya alumni atau kakak-kakak senior ingin sekali diskusi dan berbagi tentang banyak hal, tentang teknik elektro upi, tentang dunia kerja, tentang melanjutkan sekolah lagi, tentang kuliah, tentang wanita #ehh, gagal fokus. Agar kebersamaan dan kekompakan ini tetap terjaga, agar tak terjadi konflik yang berkepanjangan. Namun rasanya jika kopdar, bertatap muka cukup sulit untuk menentukan waktu bagi alumni yang memang memiliki jadwal tersendiri. Dan juga ketika kopdar, hanya yang hadir saja yang dapat informasi. Teman-teman lainnya yang berhalangan hadir saat kopdar mungkin ada yang tidak menerima informasi. Beda kasus jika memang acuh tak acuh. Mudah-mudahan ada yang bersedia menulis infromasi saat kopdar dan mengirimkannya melalui blog ini, nanti akan dipublish, dan informasi akan tersebar.

Atas dasar itulah muncul dalam benak kami untuk mengaktifkan kembali blog yang telah dibuat dua tahun lalu. Tujuannya adalah sebagai media komunikasi warga TEUAS. Blog ini memuat berbagai hal, artikel menarik dan informatif, tips dan trik, ebook elektro, bahan kuliah, tugas kuliah, contoh skripsi yang dapat digunakan sebagaimana mestinya, nip dan kontak civitas elektro upi, dan masih banyak hal lainnya yang akan dimuat dalam blog ini. Selain itu juga blog ini difungsikan unuk mendata alumni TEUAS, membantu pelacakan alumni, agar tidak tercecer kemana-mana. Agar identitas Elektro UPI tetap ada. Barangkali suatu saat ada alumni yang menjadi presiden RI, dirut PLN, menteri BUMN, manager perusahaan yang dirintisnya, ada yang menjadi dosen berprestasi dan guru besar, peraih nobel perdamaian dunia, penulis, mendirikan sekolah gratis, juragan pedagang asongan, juragan sapi perah dan lele, kepala toko listrik, fotografer, cosplayer, aktor film layar lebar, musisi, dan masih banyak lainnya.

Mungkin angkatan muda akan bangga memiliki alumni yang menyebar ke berbagai belahan nusantara dengan berbagai kegiatannya dalam mengabdi pada negeri, mencerdaskan kehidupan bangsa, menyongsong Indonesia emas 2045. Pada akhirnya saling komunikasi, bahu membahu, tolong menolong satu sama lain.

Walaubagaimanapun kopdar harus tetap ada.

Semoga blog ini bemanfaat. Gunakan sebijak mungkin. Kritik, saran, dan tulisan sangat diharapkan dari rekan-rekan semuanya, bisa melaui teknikelektroupi@gmail.com.

Terima kasih.


Salam TEUAS!

3 komentar: